5 Cara Pesan Richeese Factory dan Rekomendasi Menunya

Logo Restoran Richeese Factory

Ayam merupakan menu favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai kedai dan restoran ayam terus bermunculan dengan kreasi dan rasa yang unik. Salah satu yang terkenal adalah restoran cepat saji Richeese Factory! Tahukah kamu kalau restoran Richeese Factory merupakan restoran asli asal Indonesia? Yuk, simak sejarah singkat dan cara pesan Richeese Factory di sini! 

Sekilas Sejarah Richeese Factory

Restoran Richeese Factory Harapan Indah Bekasi
Restoran Richeese Factory Harapan Indah, Bekasi (google.com/Mustafa)

Richeese Factory adalah sebuah restoran ayam cepat saji asli asal Indonesia. Restoran Richeese Factory pertama kali dibuka pada tanggal 8 Februari 2011, tepatnya di Paris Van Java Mal, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Dimiliki oleh PT Richeese Kuliner Indonesia, restoran Richesee Factory menampilkan menu utama berupa ayam pedas dengan saus keju yang lezat. Salah satu keunikan dari restoran ini adalah menyuguhkan berbagai level pedas pada menu yang disajikan. Mulai dari level 0 sampai level 5, kamu dapat memilih berbagai level pedas sesuai selera lidahmu. 

Tidak perlu khawatir, restoran Richeese Factory juga sudah mendapatkan sertifikasi Halal sejak didirikan pada tahun 2011. Restoran ini juga mendapatkan penghargaan pada tahun 2018 sebagai peraih Bronze Medal dalam WOW Brand 2018 pada kategori Fast Food Restaurant di Indonesia. Hal ini tentu menunjukkan kinerja yang baik dari restoran Richeese Factory.

Hingga kini, restoran Richeese Factory telah berkembang menjadi restoran cepat saji terkenal di seluruh Indonesia. Dengan perkiraan total lebih dari 170 gerai Richeese Factory telah dibangun di seluruh Indonesia, bahkan sudah ada di Malaysia juga.

Cara Pesan Richeese Factory

Cara Pesan Richeese Factory
temankuliner.com/hm

Ada beberapa cara pesan Richeese Factory buat kamu yang baru pertama kali coba. Pertama, dengan layanan jasa online, seperti ShopeeFood, GoFood, maupun GrabFood. Kedua, kamu dapat langsung datang ke restorannya.

Saat datang ke restoran, kamu juga bisa memilih untuk dine-in (makan di tempat), take away (dibungkus), ataupun dengan drive-thru (layanan tanpa turun). Beberapa restoran Richeese Factory juga sudah melayani 24 jam. Bisa banget datang ke Richeese Factory kalo kamu lapar tengah malem, nih.

Kalau kamu mau pesan langsung ke restorannya, simak cara pesan Richeese Factory berikut ini!

1. Datang ke Restoran

Cara pesan Richeese Factory yang pertama tentu datangi restoran terdekat. Saat masuk, kamu dapat langsung menuju kasir untuk memesan makanan. Jika sedang ramai, jangan lupa antre terlebih dahulu, ya. Selagi antre, kamu bisa melihat-lihat daftar menu Richeese Factory pada kertas menu atau display di atas konter kasir. 

2. Pesan Makanan di Kasir

Cara pesan Richeese Factory selanjutnya adalah memesan makanan. Saat sudah menentukan menu yang kamu pilih, kamu bisa langsung memesan makanan di kasir. Petugas kasir akan menyapamu dan bertanya apakah ingin makan di tempat atau dibawa pulang. Kasir juga akan bertanya menu yang kamu inginkan. 

Kamu dapat memilih berbagai menu di Richeese Factory, mulai dari menu paket hingga menu satuan. Menu yang menjadi highlight dari restoran ini adalah ayam goreng dengan saus keju. Kamu bisa coba menu ini jika bingung ingin memilih yang mana.

3. Lakukan Pembayaran Secara Tunai atau Nontunai

Setelah menyebutkan pesananmu, petugas kasir akan menyebutkan ulang pesananmu seraya menghitung. Kemudian, kamu akan diberikan struk pesanan yang di dalamnya tertera nomor antrianmu juga. 

Kalau sudah kamu dapat langsung membayar. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun nontunai, ya. Namun, disarankan secara nontunai.

4. Pilih Meja dan Tunggu Pesananmu

Setelah melakukan pembayaran, pesananmu akan dibuat secara cepat. Oleh sebab itu, kamu dapat menunggu pesananmu sebentar di samping kasir atau langsung menuju meja. 

Kalau sudah menemukan meja, sebaiknya kamu menunggu di meja sambil melihat ke arah kasir untuk memastikan pesananmu. Nantinya, petugas kasir akan memanggil sesuai nomor antrean yang tertera di struk pesanan. Kalau takut kelewat, kamu juga dapat melihat pesananmu melalui layar televisi yang menampilkan proses pesananmu.

5. Ambil Pesananmu dan Selamat Menikmati

Terakhir, jika pesananmu sudah siap, kamu tinggal mengambil sendiri pesananmu dan menyantapnya. Anyway, Richeese Factory biasanya menyajikan makanan tanpa alat makan atau dengan kata lain, kamu akan menyantap makanan dengan kedua tanganmu. Oleh sebab itu, kamu perlu mencuci tanganmu terlebih dahulu, ya. 

Tempat cuci tangan biasanya ada di dekat toilet. Di sini, kamu dapat mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Setelahnya, keringkan tanganmu dengan alat pengering tangan. 

Kalau sudah cuci tangan, saatnya menyantap makananmu! Tidak ada batasan waktu untuk makan di restoran Richeese Factory, kok. Namun, jika sudah selesai makan, alangkah baiknya secepatnya bergantian dengan pelanggan lain, terutama jika restoran sedang ramai. 

Sebagai pengingat, rumah makan cepat saji di Indonesia saat ini mulai menerapkan sistem self-service. Jadi, kalau sudah selesai makan, sebaiknya kamu merapikan sendiri bekas makananmu. Kamu bisa meletakkannya di tray yang telah disediakan. Kalau masih bingung, kamu dapat menumpuk bekas makanmu di tengah meja agar mudah dibersihkan, ya

Rekomendasi Menu Richeese Factory

Richeese Factory menyediakan berbagai menu, mulai dari menu satuan maupun menu paket. Adapun menu utama Richeese Factory adalah ayam pedas yang dipadukan dengan saus keju kental lezat. Di restoran ini juga dapat ditemukan menu camilan yang siap mendampingi makanan utamamu. 

Kalau kamu ingin memesan menu ayam di Richeese Factory, kamu dapat memintanya dalam bentuk potongan ayam maupun secara utuh. Puas banget untuk sharing dengan keluarga maupun teman-teman.

Simak rekomendasi menu Richeese Factory berikut ini.

1. Richicken 

Richicken Richeese Factory
Richicken Richeese Factory (temankuliner.com/hm)

Ayam richicken merupakan ayam goreng di Richeese Factory dengan kulit ayam goreng yang tipis. Tepung pada ayam goreng ini tidak terlalu banyak, namun tetap membuat teksturnya kriuk dan renyah. Bagian dalam ayamnya juga juicy dan lembut.

Tipe ayam goreng yang satu ini memiliki rasa gurih dan lezat. Bumbunya tidak pedas sama sekali sehingga cocok untuk anak-anak maupun kalian yang tidak suka pedas. Bumbunya juga meresap dengan baik.

Tidak lupa, menu richicken juga disajikan dengan keju lezat ala Nabati. Rasa kejunya cukup kuat dengan tekstur yang kental. Buat kamu yang tidak terlalu suka keju mungkin akan kurang cocok dengan bau dan rasa keju yang kuat. Tapi, untuk kamu si anak keju, mungkin akan suka dengan rasanya. 

Selain keju, kamu juga akan mendapatkan saus pada richicken-mu. Saus ini dapat berupa saus sambal maupun saus tomat.

2. Fire Chicken

Fire Chicken Richeese Factory
Fire Chicken Richeese Factory (batambandit.blogspot.com)

Salah satu menu populer di Richeese Factory yang dapat kamu coba adalah Fire Chicken. Fire Chicken merupakan ayam goreng yang dibalut dengan tepung sehingga memiliki tekstur krispi dan renyah di bagian luar. Namun, tetap juicy dan gurih di bagian dalam.

Selain digoreng hingga krispi, Fire Chicken juga dibalur dengan saus BBQ yang kental. Keunikan dari menu ini adalah kamu dapat memilih level pedas pada saus BBQnya, mulai dari level 0 sampai level 5. Level pedas yang ditawarkan ini juga kerap kali membuatnya disebut dengan ayam pedas Korea.

Level 0 merupakan level untuk pemula (beginner) yang rasanya tidak pedas sama sekali. Lalu level 1 (medium) cocok untuk kamu yang menginginkan adanya sedikit rasa pedas pada ayammu. Level 2 (hot) dan level 3 (x-tra hot) cocok buat kamu yang ingin makan pedas, tetapi tidak ekstrim. Terakhir, level 4 (x-treme) dan level 5 (ultimate) cocok buat kamu si pecinta makanan super pedas.

Saat pertama kali mencoba Richeese Fire Chicken level pedas, mungkin kamu tidak akan langsung merasakan kepedasannya. Namun, lama-kelamaan, rasa pedas akan muncul hingga lidahmu tidak kuat menahannya. Pasalnya, rasa pedas ini meresap hingga ke dalam daging ayamnya.

Oleh sebab itu, Fire Chicken ini juga disajikan dengan saus keju ala Richeese Factory. Jangan khawatir, rasa keju yang kental dan kuat ini dapat menetralisir rasa pedas dari saus barbeque di ayam.

3. Flying Chicken

Menu Richeese Factory-Fire Flying Chicken
Fire Flying Chicken Richeese Factory (temankuliner.com/hm)

Flying Chicken yang satu ini termasuk menu baru di Richeese Factory. Ayam yang satu ini merupakan ayam goreng tepung yang disajikan dengan taburan bubuk volcano

Dari tampilannya, bumbu bubuk ini terlihat sangat cantik, menarik, dan pedas. Meski begitu, kamu dapat memilih antara rasa tidak pedas (non-spicy) atau pedas (spicy) pada bumbu bubuk ini. Tentu rasa pedas dengan bubuk cabai volcano merupakan pilihan favorit dari ayam Richeese ini. 

Rasa pedas yang diberikan tidak sepedas Fire Chicken. Meski begitu, untuk kamu yang tidak kuat rasa pedas mungkin tetap akan merasa kepedasan. Well, once again, don’t worry! Sebab, tentu saja menu yang satu ini disajikan juga dengan saus keju kental yang dapat menetralisir rasa pedas pada ayam.

Overall, tekstur bagian luarnya cukup krispi dan renyah. Sedangkan bagian dalamnya cukup juicy.

4. Pink Lava

Pink Lava Richeese Factory
Pink Lava Richeese Factory (temankuliner.com/hm)

Salah satu minuman best-seller di Richeese Factory yang wajib dicoba adalah Pink Lava. Tampilannya cantik dengan warna pink menyala. Warna pink menyala ini didapatkan dari bahan-bahan yang digunakan. Minuman Pink Lava terbuat dari 3 bahan utama, yaitu sirup cocopandan, susu kental manis, dan santan.

Rasanya tidak terlalu ringan karena menggunakan santan, namun cocok dimakan dengan ayam pedas. Rasa minuman yang manis ini dapat mengurangi rasa pedas pada lidah.

Kamu dapat memilih ukuran medium (sedang) atau large (besar) ketika memilih menu Pink Lava.

5. Cheese Crackling 

Cheese Crackling Richeese Factory
Cheese Crackling Richeese Factory (facebook.com/Richeese Factory ID)

Kalau menu Richeese Factory yang satu ini merupakan snack yang gurih dan lezat. Cheese Crackling merupakan kulit ayam khas Richeese Factory yang disajikan dengan saus keju. Teksturnya yang kering dan krispi dengan rasa yang gurih cocok dipadukan dengan saus keju yang lezat. Cheese crackling dapat kamu jadikan sebagai camilan maupun disantap sebagai pelengkap makananmu.

Sudah Tahu Cara Pesan Richeese Factory, kan?

Itu dia cara pesan Richeese Factory dengan mudah. Buat kamu yang baru pertama kali ke Richeese Factory, kamu hanya perlu mengikuti langkah cara pesan Richeese Factory di atas untuk mendapatkan menu kesukaanmu.

Sebagai tambahan, restoran Richeese Factory juga didesain dengan banyak stop kontak, lho. Alias cocok buat kamu yang ingin WFC (work from cafe).

Kalau kamu, ingin mencoba menu apa jika ke Richeese Factory?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top